Senin, 25 Juni 2012

KKN TEMATIK PRUKAB UNIVERSITAS BRAWIJAYA

STUDI PENDAHULUAN 
KKN TEMATIK PRODUK UNGGULAN KABUPATEN 
DI MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN 
TANGGAL 13 JUNI 2012


Kabupaten Musi Rawas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang secara geografis terletak pada posisi 1020 07’ 00” – 1030 40’ 10” Bujur Timur dan 20 20’ 00” –30 38’ 00” Lintang Selatan. Luas wilayah Kabupaten Musi Rawas adalah 1.236.582,66 Ha. Berada di bagian barat Provinsi Sumatera Selatan, tempat pertemuan hulu Sungai Musi dengan aliran Sungai Rawas. Secara geografis batas-batas Kabupaten Musi Rawas adalah sebagai berikut :

Sebelah Utara       : Provinsi Jambi
Sebelah Selatan   : Kabupaten Lahat dan Kabupaten Empat Lawang
Sebelah Barat      : Kota Lubuk Linggau dan Provinsi Bengkulu
Sebelah Timur      : Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Musi Banyuasin 
        
Perjalanan ke Musi Rawas
Perjalanan ke Kabupaten Musi Rawas ditempuh dengan menggunakan jasa angkutan penerbangan udara. Berangkat dari Malang melalui Surabaya (Bandara Juanda) menuju ke Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) dilanjutkan ke Kabupaten Musi Rawas (Bisa langsung ke Kabupaten Musi Rawas melalui Bandara Silampari atau lewat Bengkulu melalui Bandara Fatmawati Soekarno). Perjalanan menuju Kabupaten Musi Rawas merupakan rangkaian perjalanan yang sanga menyenangkan dan penuh petualangan. 

Gambar Rombongan Tim Review Data KKN Tematik PRUKAB
saat transit Bandara Soekarno-Hatta
Gambar Suasana saat berada di dalam pesawat
Gambar pemandangan daratan Pulau Sumatera
yang terlihat dari dalam pesawat
Gambar saat tiba di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu


Kabupaten Musi Rawas sudah cukup maju dan tidak kalah dengan keadaan di Pulau Jawa pada umumnya, hal ini dibuktikan dengan adanya bandar udara yang tiap hari didarati pesawat dari dan ke jakarta (Bandara Silampari). Selain itu juga kondisi jalan dan infrastuktur utama lainnya juga sudah maju. Tata kota yang modern dan persebaran pemukiman dan pembangunan di daerah yang hampir merata.
Gambar Masjid Agung Musi Rawas Darussalam
PRUKAB adalah singkatan dari Produk Unggulan Kabupaten. Produk Unggulan Kabupaten Musi Rawas sendiri adalah Perkebunan Karet. Mayoritas penduduk di Kabupaten Musi Rawas ini menjadi petani karet. Perkebunan karet tersebar diseluruh kecamatan wilayah Kabupaten Musi Rawas. Pemukiman penduduk tersebar di seluruh kecamatan dan kebanyakan berasal dari Pulau Jawa yang mengikuti program transmigrasi. Kondisi insfrastruktur pedesaan sudah maju dengan dibangunnya jalan-jalan penghubung yang representatif di pedesaan dan areal perkebunan karet. Selain itu juga pusat ekonomi seperti pasar dan toko banyak tersebar di daerah tersebut. Fasilitas lainnya yaitu puskesmas dan posyandu.


Gambar saat tim berada di salah satu pusat pengembangan bibit karet
Kabupaten Musi Rawas


Gambar Pekebunan Karet di Daerah Musi Rawas


Gambar Pemukiman dan infrastruktur jalan 
di salah satu desa Kabupaten Musi Rawas
        
Kami membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa Universitas Brawijaya untuk mengabdikan diri pada masyarakat dalam kegiatan KKN Tematik PRUKAB di Kabupaten Musi Rawas. Disini merupakan kesempatan belajar yang sangat tepat bagi calon-calon pemimpin masa depan karena akan dididik langsung berinteraksi dan memimpin masyarakat dengan segala problematikanya. Segera kunjungi LPPM UB untuk informasi lebih lanjut.

KKN Tematik, Bukan KKN Biasa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar