Jumat, 31 Mei 2013

PERKEMBANGAN DEMOPLOT PERKEBUNAN KARET TERPADU 30 MEI 2013

Pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2013 Pengurus GARDAMAS MURA berkunjung ke Demoplot Perkebunan Karet Terpadu. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk bertemu dan berdiskusi dengan anggota Kelompok Tani Sinar Musi, Mengajak calon Tim Pendamping Masyarakat untuk praktek langsung ke lapang, melihat perkembangan percontohan ternak sapi bali, melihat perkembangan usaha tani kelompok tani dan melihat perkembangan tanaman karet di Demoplot perkebunan karet terpadu.

Pengurus GARDAMAS MURA tiba di Lokasi Demoplot Perkebunan Karet Terpadu Desa Bingin Jungut Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas pukul 09.30 WIB. Hal ini dikarenakan rombongan mendapat undangan dari Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas untuk melihat Calon Lokasi Demoplot di Desa Yudhakarya Kecamatan Sukakarya. Agenda pertama kunjungan pengurus GARDAMAS MURA adalah berdiskusi dengan Kelompok Tani Sinar Musi di rumah Ketua kelompok tani yaitu Pak Sugito. Diskusi berjalan dengan santai dan penuh kekeluargaan. Pak Sugito menceritakan berbagai permasalahan yang dialami kelompok tani dan juga bercerita seputar sejarah pendirian kelompok tani tersebut. Diantara permasalahan yang sering dialami oleh kelompok tani adalah masalah koordinasi dan komunikasi antar anggota. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, Kelompok Tani mempunyai kegiatan rutin setiap minggu. Yaitu yasinan setiap malam jum'at yang diadakan secara bergiliran di rumah anggota kelompok. Selain kegiatan keagamaan, kegiatan tersebut dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi intensif antar anggota kelompok tani. Sehingga diharapkan masalah-masalah komunikasi dan koordinasi bisa diminimalisir.

Kegiatan selanjutnya adalah melihat perkembangan percontohan peternakan sapi  bali. Perkembangan sapi bali terlihat bagus. Kondisi tubuh sapi-sapi tersebut terlihat sehat dan gemuk. Terlihat perkembangan sapi yang lebih besar dari kunjungan sebelumnya. Sapi-sapi tersebut tampak sedang digembalakan di padang rumput sekitar kandang. 

Pada kegiatan kunjungan ini juga diajak serta calon TPM yang aktif di kegiatan GARDAMAS MURA. Mereka diajak untuk praktek langsung metode pemberdayaan partisipasi aktif. Dimana kegiatan yang dilakukan adalah terjun langsung dan membaur kepada masyarakat kelompok tani untuk menggali permasalahan yang ada. Berusaha mendengarkan setiap keluhan-keluhan yang disampaikan oleh anggota kelompok tani untuk selanjutnya dicarikan jalan keluar bersama-sama tanpa meninggalkan kearifan lokal yang ada. 

Kegiatan usaha tani anggota Kelompok Tani Sinar Musi sudah dimulai. Melalui kegiatan revitasisali permodalan untuk anggota kelompok tani, diharapkan memacu semangat petani untuk berusaha tani sebaik mungkin. Terlihat petani-petani sudah memulai untuk bertanam semangka. Petani-petani tersebut adalah Wahono dan Sugito. Tanaman semangka sudah berumur 3 hari. Terlihat tanaman semangka mulai tumbuh. Sistem pengairan yang digunakan juga praktis dan efisien.

Perkembangan tanaman karet juga semakin baik dan tinggi. Tunas-tunas baru terus tumbuh dengan baik. Memang sebaiknya dilakukan pembersihan lahan agar pertumbuhan gulma bisa ditanggulangi dan pertumbuhan tanaman karet semakin baik lagi.

Berikut adalah dokumentasi-dokumentasi dari kegiatan tersebut:

Percontohan ternak sapi bali yang dipelihara oleh Muhtarom

Percontohan ternak sapi bali yang dipelihara oleh Muhtarom

Percontohan ternak sapi bali yang dipelihara oleh Sugito


Lahan yang sudah ditanami semangka oleh Wahono

Lahan yang sudah ditanami semangka oleh Wahono
Tanaman terong yang mulai bernuah milik Wahono

Tanaman kacang panjang milik Wahono

Tanaman terong yang mulai bernuah milik Sugito

Pengurus GARDAMAS MURA berfoto di lahan tanaman terong
yang mulai berbuah milik Sugito

Perkembangan tanaman karet di Lahan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu

Perkembangan tanaman karet di Lahan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar