Sabtu, 04 Mei 2013

PERKEMBANGAN DEMOPLOT PERKEBUNAN KARET TERPADU TANGGAL 4 MEI 2013


Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2013, pengurus GARDAMAS MURA dan Pendamping Pemberdayaan Masyarakat dari Universitas Brawijaya (UB) berkunjung ke Kelompok Tani (Poktan) Sinar Musi Desa Bingin Jungut Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan pada kunjungan tersebut yaitu ke Lahan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu. Disini pengurus GARDAMAS MURA melihat-lihat perkembangan percontohan ternak sapi bali, tanaman karet, tanaman buah semangka yang berada di lahan Demoplot.

Perkembangan percontohan ternak sapi bali terlihat bagus dan sehat. Kondisi kandang bersih dan terawat. Kebutuhan pakan sapi juga terjamin dan sehat. Disekitar kandang percontohan ternak sapi bali tersebut terdapat rumput pakan ternak yang tumbuh lebat dan subur. Jenis rumput tersebut adalah rumput gajah panjang dan pendek. Disini terlihat kesadaran petani mulai tumbuh untuk menanam tanaman ternak di sekitar areal kandang, sehingga kebutuhan pakan ternak bisa terpenuhi dengan baik.

Perkembangan tanaman karet juga menunjukkan hasil yang baik. Tanaman karet sudah bertambah pertumbuhannya daripada kunjungan 1 minggu yang lalu. Terlihat tunas sudah bertambah kembali dan petani juga mau membersihkan sekitar area tanaman karet dari tumput liar. Pertumbuhan tinggi tanaman karet bervariasi antara 0,5 meter, 1 meter 1,5 meter dan lebih dari 1,5 meter.

Selanjutnya tanaman buah semangka yang ditanam di lahan Demoplot Perkebunan Karet Terpadu oleh Sugito sudah berbuah lebat. Ukuran buahnya sudah sebesar bola. Diperkirakan 1 minggu atau 7 hari lagi tanaman buah semangka tersebut sudah bisa dipanen. 

Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut.

Kondisi Sapi Bali yang dipelihara di Areal Demoplot Perkebunan Karet Terpadu

Kondisi tanaman rumput untuk pakan ternak yang subur

Kondisi tanaman karet yang pertumbuhannya mencapai tinggi 1,5 m 

Kondisi tanaman karet yang pertumbuhannya mencapai tinggi 1 m 

Kondisi Tanaman Semangka yang akan dipanen 1 minggu lagi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar