HASIL KKN TEMATIK KEAKSARAAN DASAR
Keaksaraan adalah prasyarat untuk memperoleh berbagai
kemampuan dasar belajar agar siapa pun dapat mencari, memperoleh, menggunakan
dan mengelola informasi untuk meningkatkan mutu hidupnya. Oleh karena itu
keaksaraan penting dibelajarkan bagi siapa pun dari berbagai kalangan dan
kelompok usia. Hal ini sejalan dengan pembukaan Resolusi Sidang Umum
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyatakan bahwa “…keaksaraan penting
bagi pemerolehan berbagai keterampilan hidup, baik bagi anak-anak, pemuda,
maupun orang dewasa, sehingga mereka dapat mengatasi tantangan yang
dihadapi dalam hidup mereka dan merupakan langkah pokok dalam pendidikan dasar,
yang merupakan faktor yang sangat diperlukan untuk bisa berpartisipasi secara
aktif dalam masyarakat dan ekonomi abad ke-21.”
Kuliah kerja nyata atau disingkat KKN
adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan kegiatan Tri Dharma
Perguruan Tinggi dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan
pengembangan aspek kepekaan yang berorientasi kemasyarakatan dalam hal
pengabdian keilmuannya, pengajaran dan interaksi sosial yang dilaksanakan di
luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan tertentu. Tematik
mengandung pengertian kegiatan KKN yang mempunyai kepastian tema dan
program kegiatan yang akan dikerjakaN
Program-program KKN yang diajukan adalah Program GNP-PBA
sebagai program Pokok dan Program kewirausahaan sebagai program tambahan yang
dapat dirinci sebagai berikut :
a. Pelatihan Pamong Belajar
terhadap Mahasiswa peserta KKN yang menguasai proses pembelajaran pemberantasan
buta aksara dan kewirausahaan.
b. Pembelajaran membaca dan
menulis bagi masyarakat buta aksara di lokasi sasaran program KKN.
c. Pembelajaran
kewirausahaan bagi masyarakat buta aksara di lokasi sasaran program KKN.
d. Kegiatan Kemasyarakatan.
Pada KKN Tematik GNP-PBA ini mahasiswa selain menjalankan program tematik juga
wajib berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan. Untuk itu para mahasiswa
dan pengelola KKN harus komunikatif mampu mengadakan pendekatan sosial cultural
terhadap masyarakat, sehingga mereka menjadi kooperatif dan partisipatif dalam
setiap program yang dicanangkan.
DOKUMENTASI KKN TEMATIK KEAKSARAAN DASAR TAHUN 2011
Gambar
1. Peserta sedang melakukan Registrasi Kegiatan Pengarahan KKNT Tematik
Keaksaraan Dasar
Tahun
2011
|
Gambar
2. Peserta sedang melakukan Registrasi Kegiatan Pengarahan KKNT Tematik
Keaksaraan Dasar
|
Gambar
3. Pengarahan Peserta KKNT Tematik Keaksaraan Dasar
Tahun
2011
|
Gambar
4. Peserta Pengarahan KKNT Tematik Keaksaraan Dasar
Tahun
2011
|
Gambar
5. Warga Belajar dan Tutor setelah kegiatan Pembelajaran
|
Gambar
6. Kegiatan Pembelajaran oleh Tutor Mahasiswa
|
Gambar
7. Kegiatan Praktek Ketrampilan Kewirausahaan Warga Belajar dibimbing oleh
Tutor Mahasiswa
|
Gambar
8. Kegiatan Ujian Warga Belajar dibimbing oleh Tutor Mahasiswa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar